Syukron Ummi

Syukron, itu salah satu kata dalam bahasa arab yang sering kugunakan akhir-akhir ini ๐Ÿ™‚
aku mendapatkan kata itu dari seseorang yang sangat agamis dan sering menggunakan istilah-istilah dalam bahasa arab dalam menyampaikan menulis kata-kata.

Dan ternyata kata “Syukron” sangat bermanfaat saat kejadian menyenangkan terjadi padaku di hari Jumat yang penuh berkah ini.

Saat itu jam menunjukkan pukul 12.08 BST. Aku masih sibuk mengetik beberapa kalimat di PC. Teman satu office, Saly, perempuan dari Libya hari itu memakai jilbab kuning serasi dengan sepatu kuningnya. Kusapa dia, “Hi, Yellow :)” ย Dia tersenyum sumringah ๐Ÿ™‚ Ya, setiap hari Jumat dia selalu berdandan lebih cantik dari hari-hari lainnya. Mungkin sesuai dengan budaya dari negaranya, dia memakai celak mata dan bedak yang agak tebal. Dia jadi terlihat lebih cantik dengan wajah arabnya.

“Issa, I will go to grand Mosque, I want to listen Khutbah for releasing my heart. Sometimes I need to listen it. It makes me feel stronger” Saly berkata-kata. Aku menoleh kearahnya dan “I will join with you” kata-kata itu tiba-tiba saja muncul dari mulutku hehe. Entah kenapa hari ini aku bersemangat sekali untuk ke Masjid. Segara kami bersiap berangkat ke Grand Mosque (GM). ย Disepanjang jalan matahari bersinar sangat cerah ๐Ÿ™‚ Alhamdulillah. Jarak dari Kampus ke GM kira-kira 10 menit dengan jalan kaki.

Grand Mosque, masjid di Leeds yang cukup megah. Namun menurutku masih lebih besar dan megah masjid-masjid di Indonesia. Di Leeds, perempuan muslim banyak yang mengikuti sholat Jumat, masjid selalu penuh oleh jama’ah.

Setibanya di masjid, baru beberapa ibu- ibu dan perempuan muda yang datang. Disalah satu sudut masjid, sedang berlangsung pengajian ibu-ibu yang dipimpin oleh sorang ustadzah.

Seorang ibu yang kira-kira seumuran ibukku duduk dikursi, beliau segera menyambut kedatangan Saly dan aku. Beliau menciumi pipiku dan memelukku erat. Hangat. Damai. Sudah lama rasanya aku tidak pernah merasakan pelukan ibu, sudah 19 bulan sejak ibu meninggal.

Pengajian disampaikan dalam bahasa arab dan Inggris. Ustadzahnya masih muda, cantik dan terlihat sangat cerdas. Disela-sela menyampaikan tausiyahnya dia masih sempat mengawasi putrinya yang asyik bermain-main dan berlari-lari..hehe. Ya, aku salut dengan ibu-ibu muslimah disini. Meskipun disibukkan dengan anak-anak balitanya, mereka tetap rajin ke masjid. mereka sholat sambil menggendong bayinya. Subhanallah.

Isi tausiyah hari itu, tentang bagaimana berkomunikasi dengan Allah SWT lewat sujud dalam sholat. Pada saat sujud, sampaikan smua hajat kita kepada Allah SWT. Curhatnya kepada Allah. Dan yakinlah, bahwa Allah pasti mengabulkan doa kita. Amien.

Tepat sebelum Adzan dhuhur, tausiyah diakhiri dan kami bersiap-siap untuk sholat Jumat. Masjid sudah penuh. Seperti halnya sholat jumat di Indonesia, setelah Adzan, sang khotib menyampaikan tausiyah. Dan lagi, di GM, tausiyah disampaikan dalam bahasa Arab dan Inggris.

Setelah sholat Jumat, kuhampiri Saly yang duduk di baris belakang. Kulihat dia sedang menggendong bayi dan disebelahnya ada gadis kecil yang lucu banget sednag bermain sendiri. Umurnya kira-kira 2 tahun. Kugendong dia dan kuajak main-main. Dan tak lupa, kuajak foto bareng hehe, untuk ngobati kerinduan pada ponakan di Indonesia
Saat perjalanan pulang dari Masjid, kami bertemu ibu yang seumur dengan ibuku tadi. Beliau menanyakan namaku dan asalku. beliau tidak bisa bahasa Inggris, jadi temanku, Saly yang membantu menterjemahkannya. “I’m Issa, from Indonesia” jawabku. “oh, Indonesia, good” jawab beliau sambil ngasih aku jempol hehe. Sekali lagi beliau menciumi pipiku dan memelukku erat.

Dan ternyata beliau tinggal di plaza dekat kampusku. Jadi kami pulang sama-sama, jalan kaki. Sepanjang jalan, mereka ngobrol dalam bahasa arab. hiks, aku ga ngerti. aku diam aja, sambil sesekali tersenyum ke mereka. Tiba di depan apartemennya, sang Ibu mengundangku makan siang dirumahnya. oh, aku merasa sungkan, tapi ga enak juga kalau menolak undangannya. Dan sejujurnya sepanjang jalan saat mendekati kampus, aku lagi mikir, mau beli makan siang apa? hehe. Alhamdulillah, reject anak kost, diundang makan sang ibu baik hati hehe.

Didapur apartemennya, Ibu segera menyiapkan masakan dengan cekatan. Aku, sampaikan aku ingin membantunya dan belajar masak masakan Arabic, hehe. Ya, aku hanya diijinkan bantu sedikit-sedikit, mbuka kaleng keju dan menyiapkan meja makan.

Oh, tenyata anak ibu tersebut juga PhD student. hehe..akhire dalam bersantap kami ngobrol tentang PhD journey ๐Ÿ™‚ meskipun mereka lebih sering berbicara dalam bahasa Arab, aku agak bisa menangkap pembicaraanya sedikit-sedikit hehe. Anak perempuan ibu tersebut juga sangat baik dan ramah. Like mother, like daughter :), jadi aku merasa sangat diterima di family mereka. Alhamdulillah ๐Ÿ™‚

Disela-sela makan, Ibu menyampaikan “You are so lovely, I love you” tentu saja, beliau berkata dalam bahasa arab, dan anaknya yang menterjemahkan hehe. Kujawab, “Thank you, You’re so kind. I love you too Mam”

Sekitar 1 jam, makan segera habis oleh kami berlima hehe.
Alhamdulillah, kenyaang banget ๐Ÿ™‚
beberapa saat setelah membantu membereskan meja makan, aku pamit pulang. Jam sudah menunjukkan pukul 17.00 BST.

Aku pamit ke Ibu dan hanya bisa menyampaikan, “Syukron Ummi” ๐Ÿ™‚
Ibu menjawab dengan bahsa arab “….. ” yang aku tak tau spelling nya, mungkin kira-kira artinya, “you’re welcome” ๐Ÿ™‚
Sekali lagi, sebelum pulang aku dapat ciuman dan pelukan hangat dari Ibu, Alhamdulillah ๐Ÿ™‚
Makasih Ibu ๐Ÿ™‚

Syukron Ummi syukron

About Issa Dyah Utami

mensyukuri hidup sebagai karunia Tuhan untuk menjalankan secuil peran bagi kebaikan bersama
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

