Memaknai “Keyakinan”

Tinggal di flat dengan empat orang atheis memberikan pelajaran baru tentang hidup. Selama 2.5 tahun tinggal di Leeds, aku kebanyakan tinggal dengan orang dengan berbagai ragam agama. Namun tahun ini, aku tinggal dengan empat orang yang berasal dari satu negara dan mereka semuanya tidak beragama. 

“How’s your dissertation submission?” tanyaku pada salah seorang teman. I’ve submitted it on last friday. I’m so scare. I’ll have presentation with my tutor and the head of program next week” lanjut temanku. “Just pray, you’ll be fine” aku coba menenangkannya. “I never pray, I don’t have a religion” jawabnya. “So, What do you do when you feel so scared?” tanyaku. I close my eyes and remember my grand father’s face and I ask him to protect me, because he always protect me when I was a kid.” 

Dari pembicaraan dan kebersamaan dengan teman-temanku yang atheis itu, aku bisa menyimpulkan berdasarkan pengamatanku, mereka sangat baik, rajin belajar, bekerja keras dan makan makanan yang sangat sehat untuk menjaga kesehatan karena mereka percaya bahwa, apa yang mereka lakukan saat ini, akan kembali kepada mereka sendiri.  Mereka memang tidak percaya adanya surga dan neraka di akhirat setelah mati. Mereka percaya surga atau neraka akan mereka dapatkan saat ini juga didunia. Mungkin keyakinan itulah yang membuat kebanyakan orang-orang tak beragama cenderung lebih baik personalitinya dari pada orang yang taat beragama namun sangat tidak baik pribadinya. 

Advertisements

About Issa Dyah Utami

mensyukuri hidup sebagai karunia Tuhan untuk menjalankan secuil peran bagi kebaikan bersama
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s