Kesempatan

Sekitar tiga tahun yang lalu, aku bicara tentang cara aplikasi passport “khusus” dengan temanku. Dia tidak bersedia memberikan informasi dengan jelas tentang cara aplikasi dan prosesnya. Waktu itu dia hanya bilang “aku ada kenalan orang di Jakarta, yang tak mintain tolong untuk urus passport “khusus” itu”. Saat mendengar kata-kata hatiku jadi ciut. Ya, karena saat itu aku hanya pegawai baru dan aku tidak mempunyai keluarga atau kenalan yang bisa membantuku mempermudah dalam urusan tersebut. Aku hanya diam, dan aku saat itu merasa bahwa aku tidak akan mungkin punya kesempatan itu.

Demikian juga dengan informasi beasiswa ke luar negeri. Mereka tidak mau membagi informasi tersebut dengan aku atau dengan rekan-rekan lain dikantor. Apalagi dengan rumor banhwa beasiswa dari institusi pemerintah cenderung susah secara administrasi.

Ternyata Allah menyayangiku, dengan usaha, bonek dan belajar bahsa Inggris dengan keras, akhirnya keinginanku untuk kuliah S3 diluar negeri terkabul, dengan besiswa dari pemerintah. Dan Alhamdulillah semua prosesnya berjalan normal dan lancar.

kembali ke pengurusan passport “khusus” diatas, saat ini aku salah satu warga negara yang memegang passport itu. Alhamdulillah, dalam proses apliakasi dan pengurusannya pun aku tidak mengalami kesulitan. Hanya memang pada proses awal, aku mengalami kendala karena aku tidak mengetahui kontak person untuk mengurus passport tersebut. Namun Allah membantuku. 

Aku berjanji pada diriku sendiri untuk membagi semua informasi yang bermanfaat untuk kolega, sahabat dan teman-teman dalam segala urusan yang baik dan bermanfaat. Aku tidak ingin oarng lain mengalami kesulitan seperti yang kualiami dulu karena keterbatasan informasi dan teman yang tidak mau berbagi informasi.

Jika rekan-rekan yang membaca tulisan ini ingin bertanya atau sharing tentang studi ke luar negeri, beasiswa, culture diluar negeri, system pendidikan diluar negeri, academic writing, persiapan test IELTS dan hal-hal lain yang berhubungan hal tersebut, silahkan comment diposting ini.

Cheers 🙂

    

About Issa Dyah Utami

mensyukuri hidup sebagai karunia Tuhan untuk menjalankan secuil peran bagi kebaikan bersama
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

